"Cult" Genre Atau Jenis Cerita yang Belum Umum

Rabu, 29 Desember 2010

Posteb by hikikomori-vq in kners.com

1.Post-Apocalyse
Post Apocalypse adalah genre yg berfokus pada kehidupan pasca kehancuran, baik itu karena perang, bencana alam, penyakit mematikan, bahkan kiamat. Genre ini biasanya berbentuk survivalism, yaitu mengisahkan seorang atau beberapa orang yg berjuang dalam bertahan hidup namun dalam perjalanannya, mereka bisa saja membentuk peradaban baru.
Contoh: Mad Max, Waterworld, Final Fantasy VII, Doomsday, Evangelion



2. Zombie Apocalypse genre favorit gw
Merupakan bagian dari Post Apocalypse. Bedanya kehancuran di sini secara spesifik terjadi karena musibah merebaknya mayat hidup yg menewaskan banyak orang lalu mengubah mereka menjadi zombie. Penyebaran zombie tak terkendali dan tak ada peringatan sebelumnya serta berada dalam lingkup yang luas mulai dari daerah kecil>kota>negara>dunia. Sama seperti post apocalypse, kisahnya terfokus pada survivalism seseorang atau sekelompok orang ditambah perubahan psikologi mereka akibat lingkungannya.
contoh: Dawn of the Dead, 28 Days Later, Zombieland, Highschool of the Dead

3. Cyberpunk
Istilah mudahnya "dunia penuh kabel". Ini adalah genre turunan dari fiksi ilmiah. sebuah genre futuristik dan ultra modern di mana kemajuan teknologi tidak berjalan harmonis dengan kehidupan masyarakat. Peradaban yang tinggi tetapi masyarakatnya melarat/menderita. Biasanya tema dari Cyberpunk adalah Dystopia, alias Masa Depan Suram. Ciri khas genre ini adalah setting kota futuristis dengan bangunan tinggi dan megah, jaringan jalan yg rumit, banyak tv raksasa yg dipasang di dinding gedung tinggi. Masyarakatnya multi etnik dengan perbedaan kelas sosial yg tajam. Penuh kriminalitas dan kemelaratan. Ciri khas yg lain adalah adanya transplantasi organ mekanik mengganti organ asli manusia (Cyborg conversion).
contoh: Blade Runner, The Matrix, Ghost in the Shell, Tron

4. Steampunk
Istilah mudahnya "dunia penuh pipa". Berbeda dengan cyberpunk yg merupakan turunan dari fiksi ilmiah, steampunk lebih dekat ke fantasi. Genre ini mengisahkan dunia di mana uap menjadi sumber energi utama dalam kehidupan. Hampir semua teknologi memiliki unsur ketel dan gir dalam melakukan fungsinya. Genre ini biasanya berfokus pada petualangan sesorang atau sekelompok orang dalam menjelajahi dunia baru dan bertemu dengan makhluk2 eksotis. Ciri khas steampunk adalah kota yg damai yg kadang ditutupi kabut, kendaraan2 yg terbang di udara, bahkan bangunan yg melayang di angkasa.
contoh: Last Exile, Steamboy, Wild Arms, Golden Compass, Wild Wild West, Van Hellsing, LXG Reply With 
Quote

0 komentar:

Posting Komentar