Langkah Membuat Novel

Sabtu, 18 Desember 2010


Membuat novel memang bukan hal yang mudah. Sembarang orang bisa mengarangnya, namun masih sedikit yang bisa membuatnya. Di kalangan penulis pemula(termasuk saya), sebagian besar ingin sekali membuat novel tapi karena pengalaman yang kurang, akhirnya proyek novel itu terlantar di tengah jalan dan ide gemilang mereka menghilang sia-sia. Hal itu mungkin disebabkan mereka langsung membuat novel tanpa berpikir dengan matang dahulu. Berikut saya sajikan langkah-langkah membuat novel bagi mereka yang ingin membuatnya.


1.      Tentukan jenis, tema dan jalan cerita.
2.      Tentukan setting, nama tokoh, karakter dan peranannya. Hal ini berguna supaya saat bekerja nanti kita tidak repot-repot memikirkan tokoh.
3.      Buatlah sinopsisnya. Selain untuk menunjukkan inti cerita, sinopsis juga bisa kita gunakan untuk dipajang di sampul belakang buku kelak jika kita menerbitkan buku.
4.      Jika Anda masih pemula, dan sinopsis rasanya kurang membantu, buatlah juga kerangka cerita. Kerangka bisa berupa poin-poin penting cerita, bisa juga Anda buat berupa alur lengkap tiap bab.
5.      Mulailah mengembangkan kerangka tersebut menjadi cerita yang utuh. Anda bisa menggunakan sudut pandang yang menurut Anda lebih mudah.
6.      Jika sudah selesai, istirahatlah sebentar untuk melepaskan penat.
7.      Kemudian koreksilah kembali cerita Anda, posisikan diri sebagai pembaca yang tidak tahu-menahu jalan cerita.

0 komentar:

Posting Komentar